Selasa, 18 Oktober 2011

Pengalaman Pembuatan Proposal PKM

PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti guna memberi ruang untuk para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.
PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. Ada enam jenis PKM setiap tahunnya antara lain seperti PKM Penelitian (PKMP), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Teknologi (PKMT), PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM) dan yang terbaru adalah PKM Karya Cipta (PKMKC).
Pengalaman saya menulis proposal PKMP dengan sebuah tema “Prototype Alat Otomatis  Pemberi Pakan Dan Minum Ayam Berbasis Mikrokontroler”. Awalnya membentuk kelompok yang terdiri dari tiga orang. kelompok terbentuk kami menentukan jenis PKM apa yang akan disampaikan, dan akhirnya kami menemukan tema yaitu “Prototype Alat Otomatis  Pemberi Pakan Dan Minum Ayam Berbasis Mikrokontroler”. Langkah selanjutnya kami berusaha mencari data dan informasi serta modul-modul apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan proposal dengan tema yang kami usulkan, seperti teori mengenai alat otomatis berbasis mikrokontoler system serta teori pengetahuan mengenai ayam secara keseluruhan. Setelah informasi serta teori-teori yang ada, proposal perlu bimbingan oleh dosen pembimbing. Langkah selanjutnya kita harus mengikut panduan dalam pembuatan proposal pkm.
Panduan dalam pembuatan proposal sangat penting dalam penyusunan proposal pkm agar maksud, tujuan dan gambaran keseluruhan mengenai pkm yang kita usulkan lebih jelas dan tertata baik. Pembuatan proposal selain teori atau data penunjang, maksud, tujuan dan pembahasan, perlu di jelaskan berapa biaya yang diperlukan dalam penelitian atau tema yang kita buat. Seringkali dilakukan perbaikan dan revisi dan secepatnya agar sesuai deadline yang telah ditentukan. Setelah itu harus mengetahui informasi batas waktu yang ditentukan agat proposal yang dibuat harus diserahkan kepada PR III, namun alhasil karena kelompok kami lewat dari batas waktu yang telah ditentukan, sehingga tidak dapat diserahkan kepada PR III, karena apabila PR III telah ACC maka dapat diajukan kepada DIKTI, maka dari itu diperlukannya kekompakkan, keaktifan, keseriusan, kesungguhan, dan motivasi untuk ikut serta dalam program kreatifitas mahasiswa ini, Agar kedepannya mahasiswa dapat ikut serta berkompetisi dan program kreatifitas mahsiswa tersebut. Karena banyak sekali manfaat, pengalaman bahkan penghargaan dalam program tersebut.

Tidak ada komentar: